Saya sedang mencari definisi atau membaca kembali tentang apa itu Data Flow Diagram (DFD). Akhirnya cara cepat untuk mengingatnya adalah dengan membuka wikipedia. :) Dari link itu, saya mendapat reference link mengenai context diagram. Saya lupa” inget tentang context diagram ini, tapi waktu saya make sure ke teman saya (fitri). Saya cuma mau memastikan apakah saya masih benar” inget tentang context diagram ini, jadi saya belum membaca artikelnya wikipedia :p. setelah saya rasa saya inget, baru saya make sure lagi dengan membaca artikel dari wikipedia ini, dan ternyata betul :). Di wikipedia dijelaskan bahwa context diagram itu merupakan jenis dari Data flow diagram dan dari context diagram itu akan dihasilkan sebuah Data flow diagram. Di link lain disebutkan bahwa context diagram itu hanya mempunyai 1 pusat process, dengan 2 entity (data flow) yg mengakses pusat process itu. Jadi benar bahwa context diagram itu merupakan bentuk paling sederhana dari Data Flow Diagram (DFD), atau bisa juga disebut DFD Level 0.

Nah, another question is, saya lupa-lupa ingat bagaimana mengembangkannya ke DFD level 1 ngupil. Yg saya ingat, central process dari context diagram tersebut akan dikembangkan menjadi beberapa process yg masih general. Misal process dalam context diagram saya adalah “Sales Order”. Apa yg akan menjadi process dalam DFD Level 1 nya ? Misal entity saya adalah customer dan vendor. nangis

Jika saya memulainya dengan “shipping”, betulkah itu? Kalau memang “shipping” adalah salah satu process untuk DFD Level 1, apa yg dapat saya kembangkan untuk process “shipping” ini ke DFD Level 2? nangis Apakah memungkinkan kalau diagram saya tidak sampai ke Level 3, jadi DFD saya hanya sampai Level 1 atau 2 saja?

Entity Relationship Diagram

Ini adalah hal lain yg harus saya ingat kembali. But I’m rememberer ERD than DFD ngupil. Actually, ERD is a represent of data modeling for information system. ERD mempunyai 3 objek, entity, relationship, dan atribut. Model simple dari ERD ini adalah sebagai berikut.

283px-erd-entity-relationship-example1svg.png

artist dan song merupakan entity, dan performs adalah relationship. Dari skema ERD tersebut dapat diketahui bahwa hubungannya adalah one to many, kenapa? karena entitynya adalah artist bukan artists, jadi yg nyanyi pasti hanya 1 artist saja, dan song, umumnya artist akan membawakan lagu > 1, meskipun di entity hanya dituliskan single saja, but generally, artist will sing more than 1 song. Does my assumption could be accepted? licik.

Atribut itu adalah variable pendukung dari entity, atau biasa disebut field. Misal saja untuk entity artist, artist must be have a name, address, phone number, etc. Yes, they are attributes.  Below is the complex one.

complex ERD

If I have miss something, please just help me to find the answer :)

